oleh

Usai Polisikan Oknum Pimpinan DPRD Babel, Kini Giliran Pengelola Kios Plaza Tamansari Dilaporkan

BANGKA | SERUNTING.COM Kisruh kenaikan harga sewa kios di Plaza Tamansari, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kian bergolak.

Sehari pasca memperkarakan oknum pimpinan DPRD Babel berinisial DY atas dugaan tindak pidana penganiayaan (Pasal 351 KUHP) dan pengeroyokan (Pasal 170 KUHP) ke Polres Bangka, para pedagang kios didampingi kuasa hukumnya, Zadan and Partners juga melaporkan pengelola kios Plaza Tamansari, PT Garba Konstruction (GK) ke Mapolres Bangka, Rabu (31/7/2019) siang.

top

PT GK dilaporkan atas dugaan tindak pidana pemerasan, karena telah menaikkan harga sewa kios secara sepihak saat kontrak perjanjian tengah berjalan.

“Pihak penyewa masih terikat kontrak perjanjian lama dengan pengelola. Mestinya pihak pengelola memberitahukan tertulis kepada penyewa,” kata Zaidan.

Menurut dia, sejauh ini memang sudah ada sebagian pedagang yang terpaksa membayar. Namun bagi pedagang yang tidak menuruti kehendak pengelola, kiosnya disegel. “Dalam perjanjian tidak ada klausul menyegel kios pedagang. Di sini kami melihat ada unsur pemaksaan sepihak dari pengelola. Bahkan, bukan hanya kios yang digembok, ini juga disertai ancaman diusir. Salah satu korban, Aen, mendapat perlakukan kekerasan fisik,” beber Zaidan.

Para korban berharap, kasus yang menimpa mereka dapat diproses seadil-adilnya. “Kami sebagai rakyat kecil hanya berharap adanya kesamaan hak di mata hukum,” pungkas salah satu pedagang.

Hingga berita ini dipublish, konfirmasi kepada DY dan manajemen PT GK tengah tengah diupayakan.[ron24]

top

Terbaru