oleh

Pembangunan Gedung Serbaguna dan Drainase Tanjung Agung Ditarget Rampung Oktober

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COMTim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Tanjung Agung, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, menargetkan dua kegiatan pembangunan/fisik 2019 rampung akhir Oktober.

Dua kegiatan itu adalah pembangunan gedung serbaguna dan saluran drainase. Sementara pemasangan lampu jalan sebanyak 140 titik akan dimulai Nopember hingga menjelang akhir tahun.

top

Demikian dikatakan Ketua TPK Desa Tanjung Agung, Tanto Efriadi, saat ditemui di lokasi pembangunan gedung serbaguna, Kamis (8/8/2019) pagi. “Sekarang progres pengerjaan baru sekitar 25 persen, akhir Oktober harus bisa 100 persen,” cetusnya.

Menurut Tanto, seiring meningkatnya progres pengerjaan gedung serbaguna, sebagian tenaga kerja akan dialihkan mengerjakan saluran drainase yang akan dimulai awal September. “Jadi, nanti selesainya (gedung serbaguna dan saluran drainase-red) akan bersamaan di akhir Oktober,” timpalnya.

Dalam gedung berukuran 9 x 16 meter ini, papar Tanto, ditata menjadi tiga fungsi utama, yakni kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD), ruang kerja kepala desa dan perangkat, serta aula berukuran 11 x 4,5 meter.

Sesuai perencanaan semula, lanjut Tanto, pembuatan saluran drainase sepanjang 209 meter, menghubungkan dataran rendah dekat pemukiman warga dengan saluran irigasi primer. “Kalau hujan, airnya sering meluap. Jadi butuh drainase pembuangan ke irigasi,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Tanjung Agung, Sutman, membenarkan tahapan pelaksanaan tiga kegiatan pembangunan dibiayai Dana Desa (DD) 2019 tersebut. Menurut dia, gedung serbaguna dibiayai DD tahap pertama dan kedua, sedangkan pembuatan saluran drainase dibiayai DD tahap kedua.

Pemasangan lampu jalan, tambah Sutman, baru bisa dikerjakan setelah DD tahap ketiga dicairkan. “Di bidang kegiatan fisik, tiga hal inilah yang bisa kami laksanakan dari sekian banyak usulan masyarakat, mengingat kekuatan anggaran (DD 2019-red) dan prioritas kebutuhan warga,” tutur Kades dua periode yang akan segera mengakhir masa jabatanya ini.

Sutman berharap, tiga program pembangunan ini terdukung penuh oleh masyarakat dan instansi terkait, agar teerlaksana lancar dan tuntas tepat waktu. Begitu pula setelah pelaksanaan, dia meminta seluruh masyarakat bisa sama-sama merawatnya, supaya bisa berdayaguna dalam waktu lama.[ron4]

top

Terbaru