oleh

Mayat Penambang Ilegal Ditemukan, Polisi Janji Usut Status Kepemilikan Usaha

BANGKA BARAT | SERUNTING.COM Kapolsek Simpang Teritip, IPTU Astrian Tomi SH MH berjanji akan mengusut status kepemilikan tambang ilegal di kawasan hutan adat Bukit Panjang, Desa Mayang, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hal demikian disampaikannya pasca mengevakuasi dua mayat korban longsor galian tambang, Rabu (31/7/2019). Tomi mengaku, pihaknya sudah berulang kali mengimbau dan melarang warga menambang di kawasan itu.

top

“Kepolisian sudah beberapa kali mengimbau, bahkan sudah dipasangi police line yang kemarin itu (kecelakaan kerja sebelumnya-red). Itu masih ada tandanya, tapi masih juga di lubang yang sama korban tertimbun, belum hilang garis polisinya,” ungkapnya.

Tomi menegaskan, akan memeriksa kasus ini dan memanggil para saksi, seperti keluarga, kerabat korban, serta Kepala Desa Mayang.

“Ya kita lihat nanti, mereka ini ada bosnya atau tidak. Kalau menambang masyarakat (swadaya-red) artinya laka tambang tunggal, tapi kalau punya bos berarti harus bertanggung jawab,” ujarnya.

Tiga alat berat dikerahkan siang-malam mencari mayat korban di lokasi longsor.

Dikabarkan sebelumnya, dua warga Desa Mayang, Juhendri Bin Muisman (33) dan Andi Bin Semin (30) tertimbun longsor di lokasi tambang batu —mengandung timah— dalam kawasan Bukit Panjang, Selasa (30/7) sekitar pukul 15:30 WIB.

Saat itu, kedua korban sedang beristirahat, duduk sambil makan dekat lubang galian. Tiba-tiba tanah dari atas longsor menimpa dan menyeret mereka ke lubang berdiameter 75 cm dengan kedalaman sekitar 20 meter tersebut.

Puluhan relawan berbagai unsur terkait ikut ambil bagian mencari mayat korban longsor di lokasi tambang.

Hari itu juga pencarian dilakukan menggunakan tiga alat berat, melibatkan anggota Polsek Simpang Teritip, anggota TNI, Basarnas Babel, Tim PB Satpol PP Bangka Barat dan warga setempat.

Mayat Juhendri ditemukan Rabu (31/7) pukul 04:00 WIB, pada kedalaman sekitar 15 meter. Sementara mayat Andi baru berhasil ditemukan 13,5 jam kemudian pada kedalaman sekitar 20 meter. Kedua korban sudah diserahkan kepada pihak keluarga guna dimakamkan.[ron24]

top

Terbaru