oleh

Kandang Sapi BUMDes Rantaman Mulai Dibangun, Ini Harapan Kades Muara Danau

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COM Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Muara Danau, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mulai mengerjakan pembangunan kandang pembiakan sapi potong.

Pembangunan ini ditargetkan rampung paling telat tiga bulan mendatang, agar bisa segera diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rantaman yang kini telah memiliki 18 ekor induk Sapi Bali.

top

“Ukurannya 7×18 meter, dibagi menjadi 12 petak, masing-masing bermuatan dua ekor,” ungkap Kepala Desa Muara Danau, Murman, saat meninjau progres pengerjaan proyek dibiayai Dana Desa (DD) 2019 sebesar Rp 296 juta tersebut, Selasa (30/7/2019) pagi.

Menurut dia, pembangunan kandang ini adalah kelanjutan program pengadaan 20 sapi betina (bakalan induk) untuk BUMDes Rantaman tahun lalu yang belum memiliki kandang permanen. Kini, ternak tersebut tersisa 18 ekor, dua lainnya mati karena terserang penyakit.

Ke-12 petak kandang ini, kata Murman, cukup menampung seluruh induk dan beberapa pedet (anak sapi) yang akan segera lahir. Namun, tahun-tahun berikutnya akan dibutuhkan kandang tambahan —dilengkapi bangsal pengolahan pakan, gudang pakan, tangki pengelolaan limbah dan gudang pupuk organik— seiring makin intensifnya produktifitas induk.

“Sampai pada tahap itu, kami butuh perhatian dan dukungan pemerintah daerah untuk mewujudkannya. Sebab DD saja mungkin belum bisa mencukupi,” harap Murman.

“Dalam tahun ini, kami juga akan datangkan tenaga ahli dari kabupaten (Dinas Pertanian Bengkulu Selatan-red) untuk melatih personel BUMdes dan masyarakat umum mengolah pakan ternak dan membuat pupuk organik dari kotoran sapi,” timpalnya.

Intensifitas tatalaksana pemeliharaan ternak sapi —meliputi pengandangan, penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) pengolahan pakan dan pengelolaan limbah— ini, selain bertujuan meningkatkan produktifitas BUMDes dan para peternak setempat, menurut Murman, juga sebagai langkah konkret pemberlakuan Peraturan Desa (Perdes) Hewan Ternak di desa itu.

Selain menerima satu unit kandang sapi, dalam waktu dekat BUMDes Rantaman akan memperoleh alokasi Rp 60 juta untuk BRI Link sebagai unit usaha baru. Tahun lalu, Pemerintah Desa Muara Danau telah membangun sekaligus menyerahkan satu unit rumah toko (Ruko) untuk kantor dan tempat usaha BUMDes Rantaman.[ron7/sr30]

top

Terbaru