oleh

Dua Kantor Desa Dipergoki Tutup Saat Sidak, DPMD Segera Panggil Para Kades

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COMDua kantor pemerintahan desa di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, didapati tutup saat jam kerja. Sementara 19 kantor desa lainnya tetap buka dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Temuan ini diperoleh saat media grup Ronin’98 (Buzzer News, Bentara, Serunting, Pandawa98, Harian Mediator dan ISB Review) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di seluruh desa se-Kecamatan Seginim selama dua hari berturut-turut, Selasa hingga Rabu (21/8/2019).

top

Menyikapi temuan ini, Camat Seginim Mardalena SPd MSi berterima kasih atas partisipasi kalangan pers memantau kualitas pelayanan publik tingkat pemerintahan desa di wilayahnya, terutama pasca pemberian teguran keras kepada salah satu kepala desa dengan kasus sama.

Menurut Mardalena, guna mengefektifkan pembinaan kepada para kepala desa dan perangkatnya, pihak kecamatan juga mulai melaksanakan sambang desa. “Mulai hari ini, kita adakan pembinaan bersama Kades dan perangkat. Mudah-mudahan ke depan ada perubahan menuju Kecamatan Seginim lebih maju,” ungkapnya melalui chat whatsApp, Rabu (21/8) sore.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Selatan, Siswanto MSi melalui Kabid PMD Yulius menegaskan, pihaknya akan segera memanggil dua Kades yang ketahuan menutup kantornya dalam jam kerja tersebut. Pembinaan akan dilakukan bersama camat setempat, agar tidak ada lagi pemerintah desa yang melalaikan tugas, apapun alasannya.

Berikut ringkasan dokumentasi hasil Sidak di 21 kantor desa se-Kecamatan Seginim :

Desa Darat Sawah

 

Desa Darat Sawah Ulu

 

Desa Kota Agung (Tutup)

 

Desa Babatan Ilir

 

Desa Babatan Ulu

 

Desa Kota Bumi Baru (Tutup)

 

Desa Tanjung Menang

 

Desa Gunung Ayu

 

Desa Sukaraja

 

Desa Sindang Bulan

 

Desa Dusun Tengah

 

Desa Pajar Bulan

 

Desa Banding Agung

 

Desa Dusun Baru

 

Desa Durian Seginim

 

Desa Muara Danau

 

Desa Padang Lebar

 

Desa Padang Siring

 

Desa Muara Pulutan

 

Desa Tanjung Agung

 

Desa Muara Payang

 

Saat Sidak, empat warga di depan Kantor Desa Kota Agung mengaku tidak tahu alasan konkret kantor desa mereka tutup dalam jam kerja. Kalau akan mengurus sesuatu, mereka menyarankan tim mendatangi rumah sekretaris desa.

Sementara salah satu warga dekat Kantor Desa Kota Bumi Baru menduga, tutupnya kantor desa karena seluruh perangkat desa —bisa juga termasuk Kades— tengah membantu mendirikan tenda di rumah salah satu warga yang akan menggelar resepsi pernikahan.

Terkait alasan krusial melatarbelakangi dugaan pelanggaran regulasi pemerintahan desa ini, hingga berita ini dipublish, Kades Kota Agung dan Kota Bumi Baru masih dalam upaya dikonfirmasi.[ron4]

top

Terbaru