oleh

Diteror Harimau, Larangan Berkemah di Tugu Rimau Belum Dicabut

PAGARALAM | SERUNTING.COM Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Pagaralam masih melarang para wisatawan berkemah dekat lereng Gunung Dempo, khususnya di sekitar Tugu Rimau, hingga Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) dan kepolisian setempat bisa memastikan situasi benar-benar aman.

Demikian dikatakan salah satu petugas jaga kepada Serunting.com di kawasan wisata tersebut. “Belum boleh kemping, sudah seminggu dilarang, masih rawan situasinya. Nanti kalau sudah dinyatakan aman, silahkan,” ujarnya, Sabtu (23/11/2019) siang.

top

Dikabarkan, enam pemuda yang sedang berkemah di kawasan Tugu Rimau diserang harimau, Minggu (17/11/2019) lalu. Satu diantaranya, Irfan (22) asal Kabupaten Banyuasin mengalami luka di kepala dan wajah. Insiden ini terjadi hanya beberapa jam setelah salah satu warga setempat memergoki keberadaan Panthera Tigris Sumatrae berukuran dua kali tubuh anjing berkelaiaran di sekitar lereng Gunung Dempo.

Baca Juga: Harimau “Colek” Wisatawan di Pagaralam

Sehari kemudian, Senin (18/11), seorang wisatawan asal Pulau Panas, Tanjung Sakti Pumi tewas diterkam harimau di kawasan itu. Melihat situasi makin tidak terkendali, Polres Pagaralam melayangkan himbauan tertulis kepada Kepala Dispar Kota Pagaralam agar melarang para wisatawan menginap/berkemah di Tugu Rimau dan sekitarnya karena membahayakan keselamatan.

Hingga berita ini dipublish, belum diketahui sampai kapan teror harimau ini bisa diatasi BKSDA, Dispar dan pihak terkait lainnya.[roy]

top

Terbaru