oleh

Distan Kirim Pakar Peternakan ke Muara Danau

-Desa-155 views

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COM Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Selatan mengirim pakar produksi dan nutrisi ternak ke unit usaha peternakan sapi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rantaman, Desa Muara Danau, Kecamatan Seginim, Kamis (5/12/2019) pagi.

Hal ini menindaklanjuti hasil kunjungan kerja Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi ke desa tersebut sehari sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung, salah satu pakar produksi dan nutrisi yang dikirim Distan adalah Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Inbima SPt.

top

Bertempat di kandang sapi milik BUMDes Rantaman, mereka melatih para peternak dan pengurus BUMDes membuat silase dan amoniasia, dua dari tiga cara pengawetan HMT agar bisa disimpan lama.

Menurut Inbima, silase dan amoniasi bisa menjadi solusi penyimpanan HMT atau limbah pertanian saat panen padi dan jagung. “Akan banyak jerami padi dan jagung yang terbuang saat panen. Jadi, dengan dibuat silase atau amoniasi, bisa menjadi cadangan pakan dalam waktu panjang,” bebernya.

Khusus silase, lanjut Bima, daya simpannya akan lebih lama, sepanjang tetap dalam kondisi anaerob/kedap udara. Silase bisa menggunakan bahan baku lebih fleksibel, mulai hasil ikutan/limbah pertanian hingga sampah organik rumah tangga dan serbuk pelepah sawit.

“Membiasakan sapi memakan silase tidak sulit. Dalam kondisi lapar, jangankan silase, plastik bekas dan kaleng pun dimakan. Jadi bukannya sapi tidak mau makan silase, hanya mungkin saat itu belum begitu lapar,” tuturnya menjawab pertanyaan salah satu peserta.

Baca Juga: Teknis Pengawetan HMT Ruminansia

Hari pertama pelatihan ini, diisi teori dan praktek membuat silase dari batang jagung, serta amoniasi jerami. Hari kedua dilakukan pengamatan hasil praktek, dilanjutkan ujicoba pemberian silase pada hari ketiga.

Pelatihan ini, kata Bima, selain bertujuan meningkatkan profesionalitas para pengurus unit usaha ternak sapi BUMDes Rantaman, juga sebagai persiapan implementasi Program Penumbuhan Kampung Ternak Intensif (Paten) Terpadu.

Pemadatan silase ke dalam blong/tong penyimpanan. Untuk hasil terbaik, bahan silase harus berproses dalam kondisi anaerob minimal tiga hari.

“Desa Muara Danau telah ditetapkan sebagai salah satu lokasi Paten Terpadu di Kabupaten Bengkulu Selatan (sejak 7 Oktober lalu-red). Distan sudah melaksanakan berbagai persiapan untuk menyukseskan program ini yang akan dimulai tahun depan,” tandasnya.

Paten Terpadu, terang Bima, berwujud gelar sekolah lapang para peternak, menempatkan sosial ekonomi peternakan sebagai materi pertama. Di sini, para peternak akan dilatih seputar intensifitas usaha peternakan dan optimalisasi pemanfaatan lahan.

Kabid Peternakan Distan, Inbima SPt (kanan) didampingi Kades Muara Danau Murman (kiri) menyampaikan pemantapan materi pelatihan pembuatan silase dan amoniasi.

Kades Muara Danau, Murman saat dikonfirmasi usai pelatihan mengabarkan, pihaknya terus memacu perkembangan unit usaha peternakan yang tengah dirintis BUMDes Rantaman, disamping memotivasi seluruh warga menjadi peternak modern terpadu. Tahun depan, dia berencana akan menganggarkan pembuatan delapan petak silo di kompleks kandang BUMDes untuk penyimpanan silase.

“Supaya warga tetap bisa bertani, kemudian memanfaatkan hasil ikutan pertanian (dedak, jerami dan batang jagung-red) sebagai bahan pakan ternak secara langsung atau diawetkan. Kotoran ternaknya diolah menjadi pupuk, agar bisa dimanfaatkan kembali ke lahan pertanian,” pungkasnya.[vin]

top

Terbaru