oleh

Catat! Kepastian Pilkades Ditetapkan Besok

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COM Tarik-ulur polemik pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2019 akan segera berakhir. Komisi I DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) berencana akan segera berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (5/11/2019) besok.

Hasilnya, hari itu juga DPRD BS akan menentukan sikap dan mengeluarkan rekomendasi kepada Pemkab setempat. “Kita akan konsultasikan peluang pelaksanaan Pilkades tahun ini. Asal tidak menabrak regulasi, kita akan dorong eksekutif (Pemkab BS-red) melaksanakannya. Makanya sekarang kami tanyakan dulu kesiapan seluruh panitia, sudah siap atau belum,” ungkap Ketua Komisi I DPRD BS, Drs Yurdan Niel, saat berdialog dengan puluhan perwakilan Panitia Pilkades dan pemerintah desa dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di Kecamatan Seginim, Jum’at (1/11) lalu.

top

Menurut dia, sejauh ini tidak ada sedikitpun upaya lembaga legislatif mempolitisir pelaksanaan Pilkades Serentak pada 74 desa se-BS, termasuk sembilan desa di Kecamatan Seginim. Sebaliknya, melalui beberapa rapat konsultasi, DPRD selalu mendorong pesta demokrasi tingkat desa tersebut tetap terlaksana sesuai jadwal semula, agar stabilitas politik dan pembangunan desa berjalan lancar.

Melalui dialog ini, Komisi I mendapati berbagai penjelasan dan argumentasi para kepala desa dan Panitia Pilkades. Umumnya, mayoritas desa sudah sangat siap melaksanakan, namun panitia mengaku keberatan kalau biayanya hanya dianggarkan Pemkab BS di bawah Rp6 juta/desa, sementara penganggaran dalam APBDes tidak sesuai regulasi berlaku.

Baca Juga: Ekspor Bodong, Sembilan Eksportir Lada Diperiksa

Menyikapi tanggapan beragam segenap desa yang bakal mengikuti Pilkades Serentak, Camat Seginim Mardalena SPd MSi berjanji akan segera mengumpulkan kembali seluruh panitia pagi ini, Senin (4/11). Hasilnya akan dikirim kepada Komisi I DPRD, sebagai salah satu referensi berkonsultasi di Kemendagri.

“Senin pagi (hari ini-red) saya kumpulkan semuanya, agar mendapat kepastian dan suara bulat. Supaya Bapak-bapak Dewan bisa menindaklanjutinya di kementerian,” pungkasnya.[gif]

top

Terbaru