oleh

Camat Seginim: Internet Desa Harus Aktif 24 Jam

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COM Camat Seginim, Mardalena SPd MSi mengaku telah menginstruksikan seluruh pemerintah desa di wilayah itu segera mendayagunakan fasilitas internet yang telah terpasang di desa masing-masing, demi membuka akses informasi bagi segenap warga desa, khususnya anak-anak usia sekolah.

Namun, dia mengingatkan pentingnya tindakan filterisasi pihak pemerintah desa, para orang tua dan provider jaringan, agar internet desa tidak disalahgunakan anak-anak di bawah untuk mengakses situs-situs terlarang.

top

“Internet desa harus aktif 24 jam, karena internet itu penting. Termasuk bagi anak-anak kita yang masih sekolah, bisa saja internet mereka gunakan mengakses materi pelajaran. Tapi sebagai orang tua, kita harus pandai-pandai mengawasi dan membatasi waktu penggunaannya. Begitu juga dengan pemerintah desa, harus memblokir situs-situs porno,” ungkap mantan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Selatan ini menjawab keluhan salah satu warga dalam sebuah pertemuan di Desa Durian Seginim, Rabu (31/7/2019) pagi.

Mardalena tidak sepakat usulan sebagian warga menonaktifkan jaringan internet desa di malam hari hanya karena alasan anak-anak sulit diatur. Sebab, di era kekinian ketergantungan dengan internet makin tinggi, tidak terkecuali pihak pemerintahan, sehingga mematikan internet desa akan beresiko menghambat komunikasi antardesa dan antara desa dengan pihak kecamatan, apalagi saat ada keperluan mendesak yang perlu diinformasikan segera.

Kendati demikian, ibu empat anak ini tidak menampik bahwa penonaktifan pada jam-jam tertentu bisa saja dilakukan pemerintah desa sebagai langkah membantu menempa kedisiplinan anak-anak dan generasi muda, misalnya jam belajar di rumah, mengaji dan waktu sholat.

Informasi terhimpun Serunting.com, saat ini 21 desa di Kecamatan Seginim telah memiliki fasilitas internet nirkabel (wireless fidelity), 18 di antaranya dilayani PT Lintas Jaringan Nusantara (LJN) dengan menempatkan CV DaraNet sebagai mitra/pelaksana teknis.

LJN merupakan salah satu dari belasan perusahaan Internet Service Provider (ISP) se-Indonesia yang telah mengantongi perizinan lengkap dari kementerian terkait. Di Kabupaten Bengkulu Selatan, LJN dikabarkan tengah membangun tower induk di pusat Kota Manna, Desa Jeranglah Tinggi Kecamatan Manna, Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim, Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis, Kecamatan Pino Raya, Kedurang dan Ulu Manna.[sr71]

top

Terbaru