oleh

Bangkai Jembatan Palak Bengkerung Belum Terevakuasi

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COM — Bangkai Jembatan Palak Bengkerung yang terseret arus banjir Senin (2/12) sore, hingga Minggu (8/12) terpantau belum terevakuasi dari kolong jembatan inspeksi Bendungan Air Nipis.

Belum diketahui pasti penyebab proses evakuasi tidak berjalan lancar, meski sejak Jum’at (6/12) pengerjaannya sudah melibatkan satu unit crane. Sementara pihak-pihak berkompeten belum bisa dikonfirmasi.

top

Kendati seluruh komponen proyek masih merupakan tanggung jawab rekanan Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, namun masyarakat sekitar lokasi proyek mengkhawatirkan tersangkutnya rangka baja jembatan itu pada tiang utama jembatan inspeksi Bendungan Air Nipis dapat mengundang dampak fatal kalau banjir susulan terjadi.

Mereka meminta proses evakuasi dipercepat. “Material yang hanyut harus diperiksa tim ahli, agar diketahui masih bisa dimanfaatkan kembali atau tidak,” pinta salah satu putera asli Palak Bengkerung, Indarmen Syukur, seperti dilansir Andusti.com, Rabu (4/12) pagi.

Baca Juga: Warga Diminta Tidak Buang Sampah di Saluran Irigasi

Menurut dia, ambruknya jembatan yang masih dalam proses pemasangan rangka baja ini tidak semata disebabkan faktor bencana. Kesalahan teknis pengerjaan juga berkontribusi, seperti pemasangan penyangga sementara yang tidak memperhitungkan kemungkinan kenaikan permukaan air.

Baca Juga: Alhamdulillah! Jembatan Palak Bengkerung Roboh

“Secara umum, sejak awal pelaksanaan proyek ini banyak menyalahi spesifikasi teknis. Saya minta ambruknya rangka baja jembatan ini diperiksa aparat penegak hukum secara menyeluruh,” pungkasnya.[vin]

top

Terbaru