oleh

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Sat Binmas Polres Babar Gelar Bintek FKPM

BANGKA BARAT | SERUNTING.COM Guna mewujudkan kondusifitas Kamtibmas di desa-desa, setiap anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKP) dituntut mengetahui gambaran tugas pokoknya, sehingga terbentuk karakter berdisiplin tinggi.

Demikian diutarakan Kanit Bin Polmas Sat Binmas Polres Bangka Barat (Babar) Aipda M Rosoly mewakili Kasat Binmas IPTU Taufik Zulpikar SH, saat melaksanakan pembinaan teknis (Bintek) FKPM di Kecamatan Parittiga, Jum’at (26/7/2019) lalu.

top

Menurut dia, untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif, tentu harus ada penanganan tepat di wilayah untuk meredam terjadinya ancaman gangguan, yakni mengatasi segala persoalan sekecil apapun dengan cepat agar tidak berkembang.

Dalam hal ini, partisipasi masyarakat dalam tugas-tugas pengamanan di lingkungannya masing-masing sangat dibutuhkan, baik berupa koordinasi dengan pihak kepolisian maupun menjadi fasilitator Siskamling di desa.

Satuan Binmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa diminta untuk terus memberikan pembinaan teknis dengan mempedomani Perkap Nomor 3 tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat kepada seluruh elemen anggota FKPM di wilayah masing-masing. “Oleh karenanya, mari kita terus bersama-sama mengantisipasi setiap permasalahan yang ada dengan menangani embrio-embrio permasalahan,” ajak Rosoly.

Selain para anggota FKPM, Bintek ini juga dihadiri Camat Parittiga Mardirisa, Ketua FKPM Kecamatan Parittiga Darwis, Kanit Binmas Polsek Jebus Aipda Ahmad Rohadi, para Ketua RW/RT se-Kecamatan Parittiga, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Terpisah, Kasat Binmas IPTU Taufik Zulpikar SH seizin Kapolres Babar AKBP Firman Andreanto SH SIK MSi menjelaskan, Bintek dan pembekalan FKPM Kecamatan Parittiga ini bertujuan mendeteksi dini gejala dan potensi konflik di tengah masyarakat, sehingga dapat dilakukan tindakan kepolisian sebelum konflik terjadi.

Diharapkan, FKPM juga dapat menjembatani dan memediasi semua persoalan di masyarakat, agar terselesaikan secara damai.[ron24]

top

Terbaru