oleh

Airi Puluhan Hektar Sawah, Pemdes Muara Pulutan Bakal Benahi Irigasi Tersier

BENGKULU SELATAN | SERUNTING.COM Lebih 50 hektar sawah di Desa Muara Pulutan, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mengalami krisis air sejak beberapa tahun terakhir.

Akibatnya, bukan saja hasil panen merosot, bahkan ada sebagian petani beralih dari komiditi tanaman pangan (padi) menjadi jagung dan tanaman hortikultura lainnya.

top

Ditemui di kantornya, Kepala Desa Muara Pulutan Gunlisdi mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan pengecoran saluran irigasi tersier yang selama ini menjadi andalan pengairan sawah di lokasi tersebut.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan. Nanti setelah pencairan dana desa akan langsung kami realisasikan. Ini masuk dalam prioritas pembangunan Desa Muara Pulutan tahun ini karena benar-benar sudah menjadi kebutuhan mendesak masyarakat,” terangnya.

Menurut Gun, tahun-tahun sebelumnya sebagian saluran tersebut sudah ditangani salah satu kelompok tani menggunakan dana bantuan pemerintah pusat. Namun sekitar 3-4 tahun belakangan bantuannya tidak berlanjut hingga ke hilir, sehingga persoalan pengairan belum tertuntaskan.

Tidak mau terus berpangku tangan serta derasnya usulan mayoritas warga petani, papar dia, Pemerintah Desa Muara Pulutan turun tangan merampungkannya.

“Karena yang gunakan airnya kita (masyarakat Muara Pulutan-red) juga, dan sumber dananya jelas ada, tahun ini persoalan itu coba kami atasi,” tutupnya.[lim]

top

Terbaru