oleh

Lagi, Lubang Bekas Tambang Timah Telan Korban Jiwa

BANGKA BARAT | SERUNTING.COM Muhamad Dedi Hariyanto (17), remaja asal KM 5 Simpang Lima Palembang, Sumatera Selatan, ditemukan tewas tenggelam di lubang bekas tambang timah, Kampung Bukit Maya, Dusun Suntai, Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (1/8/2019).

Diduga, korban tenggelam karena lalai saat mandi di lubang/kolong bekas galian. Menurut saksi Rido, Hadial, dan Nikolas, sekitar pukul 11:30 WIB korban datang hendak mandi, namun terpeleset dan tengelam. Ketiga saksi itu berusaha menolong korban, tapi gagal karena kolong itu dipenuhi lumpur.

top

Saksi lainnya, Rahmad mendapat kabar ada orang tengelam di dalam kolong. Sekitar pukul 12:30 WIB, dia bersama teman-teman korban langsung turun ke dalam kolong. Setengah jam kemudian berhasil menemukan korban sekitar 20 meter dari daratan, telentang dalam lumpur.

Setelah dievakuasi ke darat, Rahmad bersama teman-teman korban melakukan pertolongan dengan cara menekan dada dan mengangkat korban, tapi nyawa korban tidak terselamatkan.

Kapolsek Jebus AKP Muhammad Saleh SIK seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto SH SIK MSi membenarkan peristiwa tersebut. Dia berharap targedi orang tenggelam di kolong eks tambang timah tidak terus berulang. Warga diminta mengawasi anak-anak mereka.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati saat ingin mandi di kolong eks tambang timah, mengingat kolong itu licin dan cukup dalam,” pungkasnya.

Pantauan Serunting.com, korban jiwa akibat tenggelam di kolong eks tambang timah di wilayah Babel sudah banyak. Hal ini diduga kuat akibat penambang dan pemerintah daerah setempat mengabaikan kewajiban reklamasi pasca eksploitasi.

Hingga kini, hampir setiap usaha tambang —terutama yang ilegal— menyisakan lubang bekas galian yang siap menunggu mangsa berikutnya.[ron24]

top

Terbaru